Ketersediaan dan Kebutuhan Ikan Ramadhan & Idul Fitri 1436 H di Kota-Kota Besar Indonesia - WPI


KOTA BANDUNG
Monitoring dilakukan di Pasar Ciroyom :
  • Kondisi umum pasokan ikan ke pasar Ciroyom saat ini (menjelang bulan ramadhan 1436 H) masih tercukupi dengan baik.
  • Pasokan ikan rata-rata di Pasar Ciroyom saat ini mencapai 32 ton per hari dengan komposisi ikan kembung 80%, cumi 30% dan ikan lainnya 20%.  Daerah asal pasokan ikan ke Pasar Ciroyom adalah Pekalongan, Tegal, Demak, dan Waleri yang mencakup jenis-jenis ikan seperti kembung, cumi, tongkol, banyar, bentong, layang, bawal laut dan lain-lain.  Dengan kondisi umum seperti ini, pasokan ikan ke Pasar Ciroyom menjelang Bulan Ramadhan 1436 H masih tercukupi dengan baik. 
  • Menghadapi ramadhan, kondisi permintaan ikan di Pasar Ciroyom sebagai berikut :
          - Saat memasuki awal ramadhan terjadi penurunan permintaan sekitar 80% dari hari biasanya;
          - Memasuki pertengahan ramadhan sampai dengan idul fitri biasanya terjadi kenaikan permintaan sekitar 60-70%.
  • Harga ritel ikan di Pasar Ciroyom saat ini:  kembung Rp. 20 ribu/kg; cumi kecil Rp. 25-30 ribu/kg; Layang Rp. 15 ribu/kg; Bentong Rp. 18 ribu/kg; Banyar Rp. 30 ribu/kg; dan bawal hitam Rp. 50 ribu/kg.
KOTA SEMARANG
  • Kondisi umum pasokan ikan di Kota Semarang saat ini (menjelang bulan ramadhan 1436 H) masih tercukupi dengan baik. Pasokan ikan sebagian besar berasal dari kabupaten/kota yang ada di Jawa Tengah. 
  • Dalam kondisi normal, kebutuhan ikan di Kota Semarang rata-rata per hari mencapai 45,4 ton.  Memasuki awal bulan ramadhan ini, diperkirakan terjadi kenaikan permintaan sekitar 4,8% dibanding kondisi normal dan 1 minggu sebelum dan setelah Idul Fitri permintaan ikan diperkirakan meningkat 7,4%. 
  • Sementara pasokan ikan dari 48 pasar tradisional di Kota Semarang mencapai 205,85 ton per hari dengan komposisi ikan laut 76%, ikan air tawar 20%, ikan olahan 3% dan sisanya merupakan ikan asin/awet.  Sekitar 30-40% dari total pasokan ikan yang ada, digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Semarang. 
  • Harga ikan di Kota Semarang saat ini:  gurame Rp. 36 ribu/kg; mas Rp. 22 ribu/kg; nila Rp 19 ribu/kg; lele Rp 18 ribu/kg; tongkol Rp 30 ribu/kg; kembung Rp 22 ribu/kg; tengiri Rp 32 ribu/kg; udang putih Rp 60 ribu/kg; bandeng Rp 28 ribu/kg; cumi asin Rp 40 ribu/kg; peda Rp 28 ribu/kg; dan petek asin Rp 20 ribu/kg. Memasuki puasa, beberapa jenis ikan yang diperkirakan mengalami peningkatan yang cukup tinggi : kembung (naik 17,5%), cumi asin (naik 13,2%);
KOTA YOGYAKARTA
Monitoring dilakukan di Pasar Beringharjo :
  • Kondisi umum pasokan ikan ke Pasar Beringharjo saat ini (menjelang bulan ramadhan 1436 H) masih tercukupi dengan baik.
  • Dalam kondisi normal, kebutuhan ikan di Kota Yogyakarta rata-rata per hari mencapai 18 ton.  Memasuki awal bulan ramadhan ini, diperkirakan terjadi kenaikan permintaan sekitar 20% dibanding kondisi normal dan 1 minggu sebelum dan setelah Idul Fitri permintaan ikan diperkirakan meningkat 2,1%. 
  • Untuk memenuhi kebutuhan ikan di Kota Yogyakarta, sebagian besar dipenuhi dari pasokan ikan yang masuk ke Pasar Beringharjo yaitu ikan laut 6 ton per hari, ikan air tawar 3 ton per hari dan ikan olahan sekitar 1,5 ton per hari. Adapun daerah asal pasokan ikan ke  Kota Yogyakarta adalah Semarang dan Pati (ikan laut dan ika asin/awet), DIY dan sekitarnya (ikan air tawar), serta Jawa Tengah (ikan olahan).
  • Harga ikan di Kota Yogyakarta saat ini : gurame Rp 33 ribu/kg, bandeng Rp 27-29 ribu/kg, tengiri Rp 70 ribu/kg, lele Rp 23 ribu/kg, mas Rp 30 ribu/kg.
KOTA SURABAYA
  • Pasokan ikan segar laut dan air tawar diperkirakan aman. Pasokan ikan di pasar tradisional mencapai 100-115 ton per hari.  Sementara itu produksi ikan di PPN Brondong rat-rata mencapai 100 ton per hari.
  • Jenis ikan yang diminati masyarakat Kota Surabaya saat Ramadhan dan Idul Fitri adalah gurame, nila dan lele (untuk ikan air tawar), bandeng dan udang (untuk ikan payau), kakap, kerapu, kembung dan tongkol (untuk ikan laut).
  • Harga ikan di Kota Surabaya saat ini : gurame Rp 29 ribu/kg, nila dan tongkol Rp 26 ribu/kg, tengiri Rp 50 ribu/kg, lele Rp 18 ribu/kg, mas Rp 29 ribu/kg.
KOTA MEDAN
Monitoring dilakukan di 3 Pasar Grosir yaitu Pasar Cemara, Pasar Sentral dan Pasar Gabion :
  • Kondisi umum pasokan ikan ke 3 pasar grosir saat ini (menjelang bulan ramadhan 1436 H) masih tercukupi dengan baik.
  • Kebutuhan ikan di Kota Medan rata-rata mencapai 180-190 ton per hari. Saat ramadhan dan idul fitri, tidak ada lonjakan permintaan ikan.  Lonjakan permintaan ikan biasanya hanya terjadi saat Natal dan Tahun Baru, terutama untuk ikan mas dan nila. 
  • Rata-rata pasokan ikan ke  Kota Medan mencapai 175 –180 ton per hari dengan komposisi 77% ikan laut, 14% ikan air tawar dan sisanya merupakan ikan olahan.  Adapun daerah asal pasokan ikan ke Kota Medan adalah Belawan, Sibolga, Aceh, Bagan Siapi-api dan Tanjung Balai (untuk ikan laut dan ikan olahan), Binjai, Singkil, Harang Gaol, Namorambe, Deli Tua dan Pada (untuk ikan air tawar).
  • Harga ikan di Kota Medan saat ini: gurame Rp 38 ribu/kg, mas lokal Rp 32 ribu, Mas toba Rp 38 ribu, nila 30 ribu/kg, lele 22 ribu/kg, tongkol RP 18 ribu, kembung Rp 22 ribu, tengiri Rp 55 ribu, bandeng Rp 20 ribu, cumi-cumi Rp 30 ribu, belut RP 45 ribu, teri medan (teri nasi) Rp 95 ribu.
KOTA MAKASSAR
  • Di Kota Makassar, sejak bulan Mei hingga saat ini terjadi penurunan produksi ikan laut.  Pasokan ikan laut mengalami penurunan 50 persen lebih yaitu terjadi di PPI Paotere dan PPI Rajawali. Hal ini sebagai dampak pelarangan penggunaan compressor yang digunakan nelayan dalam penangkapan ikan.
  • Dalam kondisi normal, total pasokan ikan yang didaratkan di kedua PPI tersebut rata-rata 60-90 ton per hari.  Menjelang bulan ramadhan harga ikan sudah naik di Makassar akibat turunnya produksi. Ikan layang, dalam kondisi normal dijual dengan harga Rp 10-15 ribu/kg, saat ini harganya mencapai Rp 20-25 ribu/kg. Harga ikan deho dalam kondisi normal Rp 8 ribu/kg, saat ini harganya mencapai Rp 17 ribu/kg.
KOTA TERNATE
  • Dalam kondisi normal, kebutuhan ikan di Kota Ternate rata-rata per hari mencapai 28,6 ton.  Memasuki awal bulan ramadhan ini, diperkirakan terjadi kenaikan permintaan sekitar 10% dibanding kondisi normal dan 1 minggu sebelum dan setelah Idul Fitri permintaan ikan diperkirakan meningkat 15%. 
  • Sementara gambaran pasokan ikan di Kota Ternate  yang berasal dari PPN Ternate rata-rata mencapai 22 ton per hari.   Daerah asal pasokan ikan ke  Kota Ternate sebagian besar berasal dari Halmahera dan Ternate. 
  • Harga ikan di Kota Ternate saat ini : cakalang Rp 25 ribu/kg, tongkol, kembung, layar, lolosi, dan selar masing-masing Rp 20 ribu/kg, nila Rp 30 ribu/kg.
KOTA JAKARTA
  • Untuk wilayah Jakarta, dalam kondisi normal perkiraan kebutuhan ikan per hari mencapai 650 ton. Selama ramadhan, peningkatan kebutuhan relatif kecil karena banyak warga Jakarta yang mudik dan sebaliknya warga yang tidak ke luar kota, umumnya makan di luar rumah. Kebutuhan ikan per hari diperkirakan meningkat menjadi sebesar 683 ton per hari.  Peningkatan kebutuhan ikan selama ramadhan biasanya mulai terjadi setelah 1 minggu memasuki bulan ramadhan hingga menjelang idul fitri. Sama seperti di atas, peningkatan permintaan ikan juga biasanya akan terjadi hingga 1 minggu setelah idul fitri. Karenanya selama ramadhan hingga H+7 idul fitri, diperkirakan total kebutuhan ikan di Jakarta sebesar 25.270 ton.
  • Untuk memenuhi kebutuhan ikan di Jakarta, pasokan utama berasal dari Muara Angke dan Muara Baru yang dibawa dari berbagai pelabuhan perikanan di luar Jakarta, Sumatera dan Sulawesi. Pasokan dari Muara Baru sebesar 348 ton/hari dan dari Muara Angke sebesar  100 – 200 ton/hari. Sisanya dipenuhi dari ikan air tawar yang berasal dari daerah lain terutama dari Waduk Cirata (pasokan ke Jabodetabek 200-300 ton/hari), Waduk Jatiluhur (pasokan ke Jakarta 45-70 ton/hari) dan Waduk Saguling dan kolam-kolam budidaya di Jawa Tengah (gurame dan nila).
  • Kebutuhan udang di Jakarta selama ramadhan sampai dengan idul fitri diperkirakan sekitar 50 ton /hari dan dipenuhi dari Lampung, Yogyakarta dan Pantura (rata-rata 20-30 ton per hari). Walaupun pada umumnya terjadi lonjakan permintaan saat awal bulan ramadhan sebesar 20%, tetapi kebutuhan udang untuk Jakarta optimis akan dapat terpenuhi.
  • Pasokan bandeng segar ke Jakarta rata-rata berasal dari Pulau Jawa khususnya Pantura mulai Rembang, Indramayu sampai Karawang. Sedangkan pasokan bandeng beku berasal dari luar Pulau Jawa, antara lain Makassar, Tarakan dan Gorontalo.
Pasokan bandeng beku dari Tarakan dan Makassar per pengiriman mencapai 2-3 kontainer atau sekitar 30-45 ton. Khususnya 1 (satu) minggu menjelang dan sesudah idul fitri, bandeng sangat berperanan sebagai pengaman penyedia pangan (hasil perikanan) termasuk bandeng olahan. 
Konsumen bandeng segar umumnya adalah konsumen akhir (rumah tangga) sementara konsumen bandeng beku umumnya untuk pemindangan.  Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, menjelang ramadhan dan idul fitri terjadi kenaikan permintaan antara 100-150%.  Sebagai antisipasi kenaikan tersebut, pembudidaya bandeng di daerah pantura saat ini dalam kondisi menunggu pembeli dengan kolam siap panen.  Diperkirakan lonjakan permintaan masih dapat dicukupi dari stok yang ada baik bandeng segar maupun bandeng beku dan bandeng olahan seperti bandeng presto atau otak2 bandeng.
Saat ini harga bandeng masih stabil dikisaran Rp 19 ribu/kg.  Rentang harga diluar kewajaran berada pada level Rp 25-27 ribu/kg. Lonjakan kenaikan harga bandeng hingga Rp 27 ribu/kg terjadi di tahun 2014 yaitu saat terjadinya banjir di daerah-daerah sentra bandeng. Tahun ini diperkirakan kondisi alam cukup aman.  Harga bandeng dari luar Pulau Jawa relative lebih rendah dengan kualitas yang juga lebih rendah.  Perbedaan harga bandeng segar ukuran 6-7 sekitar Rp 19 ribu/kg dan bandeng beku dengan ukuran yang sama harganya mencapai Rp 14 ribu/kg. 
PERKEMBANGAN STOK DI BEBERAPA LOKASI
  • Muara Baru
Guna memenuhi kebutuhan Jakarta terhadap ikan selama bulan ramadhan sampai dengan H+7, stok ikan dari Cold storage di Muara Baru mencapai 10.000 ton yang tersimpan di 50 unit cold storage yang ada.  Jenis ikan yang ada umumnya layang, tongkol dan cakalang sehingga pasokannya cukup berlimpah sehingga harga di tingkat produsen sedikit mengalami penurunan.
  • Muara Angke
          Kondisi stok ikan di Muara Angke saat ini terisi 600 ton ikan yang berasal dari 20 cold storage.  Stok menjelang ramadhan dan idul fitri pada umumnya aman dan harga masih                 cukup stabil.
  • Waduk Cirata
          Ketersediaan ikan air tawar di Waduk Cirata yang siap panen pada saat ini mencapai 11.300 ton, meliputi ikan mas 6.000 ton, nila merah 2.500 ton, nila hitam 150 ton, bawal                 2.000 ton dan ikan lainnya (termasuk gurame, lele, dan lain-lain) 650 ton.
  • Waduk Jatiluhur
          Ketersediaan ikan air tawar di Waduk Jatiluhur pada saat ini mencapai 10.000 ton, meliputi ikan mas 5.000 ton, nila 2.500 ton, dan patin 2.500 ton.
  • Gorontalo
          Stok bandeng di gudang Gorontalo tersedia 600 ton.
  • Lampung, Yogyakarta dan Pantura
          Stok udang di tiga wilayah tersebut (Lampung, Yogyakarta dan Pantura) pada saat ini diperkirakan sekitar 3.000 ton.
  • KOMIRA
          Saat ini tercatat stok ikan di cold storage Koperasi Komira  sebanyak 1.600 ton. 
  • Ketersediaan Ikan di Beberapa Pelabuhan (April-Juni 2015)
- Subdit AIPDN -

[Sumber: Warta Pasar Ikan - KKP]
Share on Google Plus

Tentang Unknown

Khabar Ikan mengajak Anda mengenal serba-serbi dunia ikan air tawar. Rubrik kami mencakup budidaya ikan air tawar, permasalahan seputar ikan, profil pelaku, ikan sebagai hobi dsb.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment