Sumatera Barat Dorong Pengolahan Ikan Air Tawar


Padang, (Antara) - (27/5) Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat mendorong masyarakat setempat yang membudidayakan ikan air tawar melakukan pengolahan lanjutan sebelum dipasarkan agar memiliki nilai tambah lebih tinggi dan menjaga kestabilan harga.

"Untuk ikan air tawar ada masa produksi meningkat contohnya lele, ketika sedang banyak maka langkah tepat yang dilakukan agar harganya tidak anjlok adalah dengan mengolahnya dalam bentuk lain sehingga ada nilai tambah," kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Sumatera Barat (Sumbar) Yosmeri di Padang, Rabu.

Menurut dia mengantisipasi produk yang melimpah serta mencegah agar harga tidak turun maka dilakukan diversifikasi yaitu mengolahnya dalam bentuk lain seperti rendang lele, dendeng lele, abon lele dan lainnya.

"Untuk lele saja saat ini sudah ada 17 jenis produk olahan yang beragam jenisnya, padahal dulu yang diketahui masyarakat hanya digoreng atau digulai," kata dia.
Ia mengatakan dengan adanya pengolahan lanjutan harga ikan akan menjadi lebih stabil dan nilai jualnya juga lebih baik dibandingkan dijual langsung.

Yosmeri menceritakan ada peternak lele di Padang yang mengolah ikan tersebut menjadi lele jemur kering dengan rasa pedas, manis dan lainnya ternyata laku keras saat dijual dibandingkan menjual ikan yang belum diolah.

"Lele segar sekarang kalau dijual harganya Rp15 ribu per kilogram, kalau sudah diolah bisa mencapai Rp80 ribu per kilogram," ujar dia.

Tidak hanya itu, kepada pengelola rumah makan ia juga meminta agar membuat variasi menu dari olahan ikan agar konsumen tidak jenuh.

"Jangan hanya goreng atau gulai, ikan dapat diolah jadi berbagai menu seperti sup, rendang, dendeng dan lainnya," ujar dia.

Ia menambahkan untuk pemasaran produk olahan juga tidak ada masalah karena pasar yang masih terbuka dan hanya perlu memperbaiki kemasan menjadi lebih menarik.

Sementara, Yani salah seorang warga Padang mengatakan dengan adanya variasi olahan dapat meningkatkan minat masyarakat mengkonsumsi ikan.

Ini bagus, tidak hanya untuk dikonsumsi, berbagai produk olahan ikan juga dapat jadi oleh-oleh dan juga akan meningkatkan penghasilan petani ikan, kata dia. (*) 

[Sumber: Sumbar.AntaraNews.com]
Share on Google Plus

Tentang Khabar Ikan

Khabar Ikan mengajak Anda mengenal serba-serbi dunia ikan air tawar. Rubrik kami mencakup budidaya ikan air tawar, permasalahan seputar ikan, profil pelaku, ikan sebagai hobi dsb.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment